Wednesday, March 13, 2013

PR tidak lagi sejalan dengan AR

Google Page Rank yang pernah didewa-dewakan sepertinya tidak sejalan lagi dengan Alexa Rank. Situs atau blog yang memiliki PR tinggi, tidak senantiasa memiliki AR yang rendah. Sebaliknya, situs atau blog yang memiliki PR rendah, bisa juga ARnya rendah. Tentu saja, akan aneh kalau PRnya di bawah 0.

Apakah PR tidak dipedulikan lagi oleh Google?

Pada bulan Februari 2011, google merilis google panda. Google panda diyakini akan merendahkan rangking situs berkualitas rendah dan situs tipis. Sebaliknya, situs berkualitas tinggi pada posisi pencarian google.Tetapi setelah peluncuran google panda, banyak keluhan bahwa situs pencakar/pelanggar hak cipta mendapatkan peringkat yang lebih baik daripada situs dengan isi yang asli. Dengan peluncuran panda, faktor-faktor baru dalam pemeringkatan hasil pencarian google (SERP) diperkenalkan. PageRank sebagai faktor pemeringkatan dalam SERP telah dikurangi peranannya.

Google Penguin dirilis pada tanggal 24 April 2012. Google Penguin merupakan kode google yang diciptakan untuk memerangi situs/blog yang melanggar GMG. Pelanggaran-pelanggaran tersebut umum diketahui sebagai black hat SEO, yakni keyword stuffing, cloaking, partisipasi dalam skema link , penciptaan konten salinan yang disengaja dan sebagainya.

Berdasarkan sejarah tersebut maka dapat diketahui bahwa :

  1. Hitungan Page Rank masih tetap digunakan sebagai dasar pemeringkatan situs dalam SERP.
  2. Rekomendasi pengguna /pengunjung merupakan faktor yang sangat penting dalam menaikkan dan menurunkan peringkat situs dalam SERP setelah Panda.
  3. Penggunaan black hat SEO dan link yang tidak wajar dapat menyebabkan situs/blog hilang sama sekali dalam SERP.

Aksi pengunjung/pengguna:

Berbedanya algoritma yang digunakan google juga berpengaruh pada berbedanya tindakan pengguna, yakni :

  1. Pada waktu Page Rank masih dominan, pengunjung dapat memberikan penghargaan dengan memberikan link dofollow pada blog, situs atau akun jaringan sosial mereka.
  2. Pada waktu Panda sudah mulai aktif, pengunjung dapat merekomendasikan situs/blog kepada rekan atau teman-teman pada jaringan mereka, utamanya g+, twitter dan facebook.
  3. Pada waktu Penguin sudah dirilis, pengunjung dapat berpartisipasi dengan menunjukkan hal-hal yang tidak wajar yang terdapat pada sebuah situs atau blog.

7 comments:

http://24-7-rioolservice.nl

take a look at this site
http://amsterdam-rioolontstoppen.nl

Wow! nice blog you got especially the niche you cover. i really like it ...keep it up. am sure i have bookmarked your site already.

you can also check out my page here http://hallanaija.com am sure u like it

www.yademanisar.ir

www.paraxweb.com/en
طراحی وب سایت شرکت ایده پردازان پاراکس
paraxweb software and web services